Members of IETA |
Tema diskusi kita hari ini adalah Implementasi Silabus ke dalam Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes).
Kenapa tema ini kita dipilih?
Karena menurut teori dari titik inilah seorang guru harus memulai. Selanjutnya
nanti, kalau sekiranya diskusi via WA ini dianggap baik, kita bisa lanjutkan
dengan tema-tema yang lain.
Teman-teman peserta diskusi yang sayang hormati,
Seperti kita ketahui adalah kewajiban
guru untuk membuat perencanaan pembelajaran.
Selain itu tentu dilanjutkan dengan melaksanakan, menilai dan
mengevaluasinya.
Salah satu bagian dari perencanaan adalah penyusunan Silabus.
Urgensi silabus adalah merupakan rencana pembelajaran pada suatu
kelompok mata pelajaran yang mencakup kompetensi inti , kompetensi dasar,
materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan
sumber/bahan/alat belajar.
Namun sejauh mana silabus ini dapat diterjemahkan dan
diimplementasikan kedalam Program Tahunan dan Program Semester maka dibutuhkan
suatu linierisasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
[20:09, 8/12/2018] +62
877-0021-0593: Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu
tahun ajaran untuk mencapai tujuan (kompetensi inti dan kompetensi dasar) yang
telah ditetapkan sebagaimana kalender pendidikan.
[20:10, 8/12/2018] +62
877-0021-0593: Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar
yang ada dalam kurikulum dapat dicapai oleh siswa.
[20:41, 8/12/2018] +62 859-2901-9789:
Langkah-langkah
perancangan Prota:
1.
Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas
satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
2.
Menelaah jumlah Kompetensi Dasar (KD) suatu mata
pelajaran.
3.
Menandai hari-hari libur, permulaan tahun
pelajaran, minggu efektif.
Dokumen yang diperlukan dalam perancangan Prota dan Promes:
1.
Kalender akademik yang dikeluarkan secara resmi
oleh disdik yang disesuaikan dengan kondisi dan ciri khas sekolah
2.
Struktur Kurikulum
3.
Kompetensi Dasar
4.
Silabus
Langkah-langkah
perancangan program semester setelah menyusun Prota adalah:
a.
Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan
Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
b.
Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan
untuk suatu KD serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.
Sedangkan Target yang harus dicapai pada
pemahaman KD:
•
Materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar
yang bersesuaian
•
Tingkat kedalaman materi yang dibahas pada
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang bersesuaian
•
Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk membuat
siswa kompeten terhadap kompetensi dasar yang bersangkutan
Bagaimanakah menghitung minggu
efektif?
1.
Minggu Belajar Efektif adalah hitungan hari-hari
efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Adapun Cara menentukan MBE
adalah sebagai berikut ini:
2.
Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
3.
Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama
satu tahun.
4.
Menghitung jumlah minggu efektif dengan cara
jumlah minggu dalam satu tahun dikurang jumlah minggu tidak efektif .
5.
Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun
dengan cara jumlah minggu efektif dikali jumlah jam pelajaran per minggu.
Lampiran :
Sekarang
berbicara tentang KD
KD UNTUK KELAS VII
ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
·
Untuk KD pengetahuan adalah : 3.1, 3.2, 3.3,
3.4, 3.5, 3.6, 3.7, dan 3.8
·
Untuk KD Keterampilan adalah : 4.1, 4.2, 4.3,
4.4, 4.5, 4.5 dan 4.7.1, 4.7.2 dan 4.8
KD UNTUK KELAS VIII
ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
·
KD Pengetahuan kelas VIII : 3.1, 3.2, 3.3, 3.4,
3.5, 3.6, 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, 3.11, 3.12, dan 3.13
·
KD Keterampilan kelas VIII : 4.1, 4.2, 4.3, 4.4,
4.5, 4.6, 4.7, 4.8, 4.9, 4.10, 4.11
(Adaa dua 4.11.1 dan 4.11.2), 4.12 (4.12.1 dan 4.12.2), dan 4.13
KD UNTUK KELAS VIII
ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
·
KD Pengetahuan Kelas IX : 3.1, 3.2, 3.3, 3.4,
3.5, 3.6, 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, dan 3.11
·
KD keterampilan Kelas IX : 4.1, 4.2, 4.3, 4.4,
4.5, 4.6, 4.7, 4.8, 4.9 (ada dua : 4.9.1
, 4.9.2), 4.10 dan 4.11
KD. Pengetahuan
dan KD Ketrampilan sama banyak utk kls 7. 8 dan 9.
0 Komentar