HASIL DISKUSI VIA GROUP WA IETA : Implementasi Silabus ke dalam Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes).

Admin 11:23 PM
Members of IETA 


Tema diskusi kita hari ini adalah Implementasi Silabus ke dalam Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes).
 Kenapa tema ini kita dipilih?
Karena menurut teori dari titik inilah seorang guru harus memulai. Selanjutnya nanti, kalau sekiranya diskusi via WA ini dianggap baik, kita bisa lanjutkan dengan tema-tema yang lain.
Teman-teman peserta diskusi yang sayang hormati,
Seperti kita ketahui adalah kewajiban guru untuk membuat perencanaan pembelajaran.
Selain itu tentu dilanjutkan dengan melaksanakan, menilai dan mengevaluasinya.
Salah satu bagian dari perencanaan adalah penyusunan Silabus.
Urgensi silabus adalah merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran yang mencakup kompetensi inti , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
 Namun sejauh mana silabus ini dapat diterjemahkan dan diimplementasikan kedalam Program Tahunan dan Program Semester maka dibutuhkan suatu linierisasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.
[20:09, 8/12/2018] +62 877-0021-0593: Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (kompetensi inti dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan sebagaimana kalender pendidikan.
[20:10, 8/12/2018] +62 877-0021-0593: Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum dapat dicapai oleh siswa.


 [20:41, 8/12/2018] +62 859-2901-9789: 
Langkah-langkah perancangan Prota:
1.         Menelaah kalender pendidikan dan ciri khas satuan pendidikan berdasarkan kebutuhan tingkat satuan pendidikan.
2.         Menelaah jumlah Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran.
3.         Menandai hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif.

Dokumen yang diperlukan dalam perancangan Prota dan Promes:
1.                   Kalender akademik yang dikeluarkan secara resmi oleh disdik yang disesuaikan dengan kondisi dan ciri khas sekolah
2.                   Struktur Kurikulum
3.                   Kompetensi Dasar
4.                   Silabus

Langkah-langkah perancangan program semester setelah menyusun Prota adalah:
a.                   Menghitung jumlah Hari Belajar Efektif (HBE) dan Jam Belajar Efektif (JBE) setiap bulan dan semester dalam satu tahun.
b.                  Mendistribusikan alokasi waktu yang disediakan untuk suatu KD serta mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.

Sedangkan Target yang harus dicapai pada pemahaman KD:
          Materi pokok yang sesuai dengan kompetensi dasar yang bersesuaian
          Tingkat kedalaman materi yang dibahas pada standar kompetensi dan kompetensi dasar yang bersesuaian
          Perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk membuat siswa kompeten terhadap kompetensi dasar yang bersangkutan

Bagaimanakah menghitung minggu efektif?

1.                   Minggu Belajar Efektif adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun pelajaran berlangsung. Adapun Cara menentukan MBE adalah sebagai berikut ini:
2.                   Menentukan jumlah minggu selama satu tahun.
3.                   Menghitung jumlah minggu tidak efektif selama satu tahun.
4.                   Menghitung jumlah minggu efektif dengan cara jumlah minggu dalam satu tahun dikurang jumlah minggu tidak efektif .
5.                   Menghitung jumlah jam efektif selama satu tahun dengan cara jumlah minggu efektif dikali jumlah jam pelajaran per minggu.

Lampiran :


Sekarang berbicara tentang KD

KD UNTUK KELAS VII ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
·         Untuk KD pengetahuan adalah : 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.6, 3.7, dan 3.8
·         Untuk KD Keterampilan adalah : 4.1, 4.2, 4.3, 4.4, 4.5, 4.5 dan 4.7.1, 4.7.2 dan 4.8

KD UNTUK KELAS VIII ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

·         KD Pengetahuan kelas VIII : 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.6, 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, 3.11, 3.12, dan 3.13
·         KD Keterampilan kelas VIII : 4.1, 4.2, 4.3, 4.4, 4.5, 4.6, 4.7, 4.8, 4.9, 4.10, 4.11  (Adaa dua 4.11.1 dan 4.11.2), 4.12 (4.12.1 dan 4.12.2), dan 4.13
KD UNTUK KELAS VIII ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

·         KD Pengetahuan Kelas IX : 3.1, 3.2, 3.3, 3.4, 3.5, 3.6, 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, dan 3.11
·         KD keterampilan Kelas IX : 4.1, 4.2, 4.3, 4.4, 4.5, 4.6, 4.7, 4.8, 4.9 (ada dua :  4.9.1 , 4.9.2), 4.10 dan 4.11

KD. Pengetahuan dan KD Ketrampilan sama banyak utk kls 7. 8 dan 9.



Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar